Aqidah Islam
Aqidah Secara istilah memiliki arti keyakinan yang tertanam didalam hati yang tidak mudah untuk dilepaskan.
Aqidah Islam yang benar :
ciri-ciri Aqidah Islam
- Meyakini Bahwa Allah SWT. adalah tuhan bagi seluruh alam dan seluruh penghuninya
- Meyakini Bahwa Nabi Muhamad SAW.adalah benar Rasul Allah yang telah di utus oleh Allah untuk umat akhir zaman
- Membingkai keyakinan keduanya dengan melafalkan Sahadaten
yang berbunyi : " Ashadu Anla ilaha illallah Waashadu ana muhamadarosulallah". artinya :Aku bersaksi tiada tuhan yang wajib di sembah Kecuali Allah dan aku bersaksi Sesunggunya Muhamad Adalah utusan Allah.
Sebelum menjelaskan macam-macam sifat wajib, Mustahil, Jaiz bagi Allah dan Rasul, sebaiknya kita mengetahui pengertian dari Wajib, Mustahil dan Jaiz menurut disiplin ilmu tauhid, karena pengertiannya akan berbeda dengan disiplin ilmu fikih.
a. pengertian Wajib menurut ilmu Tauhid adalah Suatu hal yang semestinya ada keberadaannya sesuai dengan nalar atau logika manusia. contoh ; jika tubuh Budi sedang Diam maka wajib secara logika tubuh budi itu bergerak. karena tidak mungkin kedua perilaku tersebut dilakukan secara bersamaan yaitu diam dan bergerak.
b. pengertian Mustahil menurut ilmu tauhid adalah suatu hal yang semestinya tidak ada keberadaannya sesuai dengan nalar dan logika manusia.contoh ; jika tubuh budi sedang diam maka mustahil tubuh budi bergerak.karena tidak mungkin perilaku tubuh tersbut melakukan gerakan secara bersamaan.
c. pengertian jaiz menurut ilmu tauhid adalah suatu hal yang mungkin saja ada atau mungkin saja tidak ada keberadaannya secara nalar atau logika. contoh ; Mungkin saja bagi orang pintar kaya atau miskin, artinya kedua sifat kaya dan miskin semua berpeluang kepada si pintar tersebut.
Sifat –sifat yang wajib bagi Allah SWT.
1.
Wujud artinya Wajib bagi
Allah SWT. Ada
Artinya Bahwa Dzat Allah SWT ada namun
keberadaannya tidak bisa dijangkau oleh panca indra manusia, Dalilnya adalah
keberadaan langit dan bumi beserta isinya yang didalamnya terdapat sistem yang
teratur dan tertata dengan baik. suatu hal yang mustahil jika tidak ada yang
mengatur dan menciptakan, Dialah Allah yang menciptakannya. Dunia adalah mahluk
Allah yang semakin lama semakin mengalami penyusutan (kerusakan) oleh karena itu
bumi ini disebut sesuatu yang hadist (baru) dan setiap yang baru pasti ada yang
menciptakan yaitu tuhan yang maha kuasa
Sifat wujud ini termasuk sifat nafsiyah
yang artinya Dzat keberadaan Allah SWT. Tunggal dengan Dzatnya tiada satu
mahlukpun yang menyamai dengan Dzat Allah SWT dan wujud ini juga tidak ada
keterkaitannya dengan sifat wajib bagi Allah yang lain oleh karena itu sifat
ini di sebut sifat Nafsiyah.
2.
Qidam artinya terdahulu
Wajib bagi Allah SWT terdahulu artinya
Allah yang keberadaannya paling awal dan tidak di dahuli oleh tiada, jadi
terdahulunya Allah tanpa awal dan tanpa akhir. Berbeda dengan mahluk seperti
manusia ada yang lahir lebih dulu, ada yang belum lama atau baru lahir dan yang
dimaksud terdahulu bagi manusia biasanya adanya di awali dengan tiada.
Dalil atau bukti bahwa Allah itu memiliki
sifat qidam adalah karena sesungguhnya Allah mustahil baru ( Hudust) karena
Allah Seandainya baru keberadaannya berarti Allah ada yang membarukan ( yang
membuat) sedangkan Tuhan ada yang menciptakan itu mustahil sedangkan langit dan
bumi ini adalah bukti adanya yang maha kuasa dan jika Allah baru ( ada yang
menciptakan ) tidak ada bedanya tuhan dengan manusia dan kalau tidak ada tuhan
maka langit dan bumipun tidak akan ada sedangkan kita sakskan sendiri bahwa
langit, bumi dan seisinya legkap dengan sistemnya ada , fakta dan nyata.
Berarti wajib bagi Allah ada dan jika ada maka wajib bagi Allah terdahulu dari
apa yang ada dan kita saksikan di muka bumi ini.
3.
Baqa artinya kekal
Wajib bagi Allah SWT. Memiliki sifat kekal artinya bahwa Allah SWT. tidak ada akhir dan tidak ada awal. selamanya Allah SWT. akan tetap berkuasa dan ada, adapun dalilnya bahwa allah memiliki sifat baqa yaitu jika Allah rusak atau memiliki batas keberadaannya berarti Allah tidak bedanya seperti mahluknya dari tiada kemudian ada terus kemudian tiada, hal tersebut tidak sesuai dengan sifat ketuhanan, karena tid ak mungkin tuhan terbatas kalau sudah terbatas berarti memiliki kekurangan dan kekurangan adalah sifat mahluk. degan demikian wajib bagi Allah SWT. kekal mustahil bagiNya Rusak.
. Qudrot artinya Allah maha kuasa
. Irodat Artinya Allah yang berkehendak
. ilmu artinya Allah maha mengetahui
. hayat artinya Allah maha hidup
. sama' artinya Allah maha mendengar
. Basar atinya Allah maha melihat
. kalam Artinya Allah maha berbicara
. Kaunuhu kodiron artinya Allah yang berkuasa dan menguasakan
. muridan artinya Allah yang berkehendak
. Aliman artinya Allah yang maha mengetahui
. Sami'an artinya Allah yang maha mendengar
. Basiron artinya Allah yang maha melihat
. mutakaliman artinya Allah yang berbicara
. Mukholafatul lilhawadisi artinya berbeda dengan mahluknya
. Wahdaniyat artinya Allah maha tunggal. Qudrot artinya Allah maha kuasa
. Irodat Artinya Allah yang berkehendak
. ilmu artinya Allah maha mengetahui
. hayat artinya Allah maha hidup
. sama' artinya Allah maha mendengar
. Basar atinya Allah maha melihat
. kalam Artinya Allah maha berbicara
. Kaunuhu kodiron artinya Allah yang berkuasa dan menguasakan
. muridan artinya Allah yang berkehendak
. Aliman artinya Allah yang maha mengetahui
. Sami'an artinya Allah yang maha mendengar
. Basiron artinya Allah yang maha melihat
. mutakaliman artinya Allah yang berbicara
itulah Sifat-sifat wang wajib di Allah SWT. lebih rinci dan jelasnya terhadap pemahan sifat-sifat akan penulis kedepan.
Kemudian sifat yang mustahil bagi Allah juga ada 20 sifat dan akan penulis rinci kedepan
http://altotyo.blogspot.com
BalasHapus